Kelenjar Saliva

Anatomi dan Klasifikasi



            
Gambar 1. Anatomi Kelenjar Saliva


Saliva diproduksi oleh tiga kelenjar ludah utama yaitu kelenjar parotid, submandibular , dan kelenjar sublingual, dan berbagai kelenjar ludah minor. Diperkirakan terdapat  600 hingga 1000  kelenjar saliva minor yang terdapat pada labial, bukal, lingual, palatal, retromolar. Selain itu, ada tiga set kelenjar ludah minor lidah seperti kelenjar Weber, ditemukan di sepanjang perbatasan lidah lateralis, itu kelenjar von Ebner, sekitar papila sirkumvalata, dan kelenjar dari Blandin dan NUHN, juga dikenal sebagai kelenjar lingual anterior, ditemukan di ventral lidah bagian anterior.
Kelenjar saliva mayor dapat  dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis sel sekretori dan jenis dari saliva yang diproduksi yaitu serosa, mukosa, dan campuran serosa dan mukosa. sel serosa menghasilkan air liur lebih encer dan kaya enzim. Sedangkan sel mukosa mengeluarkan cairan yanng lebih kental dengan glikoprotein saliva berlimpah yang dikenal sebagai mucins. 

Kelenjar parotid terutama terdiri dari sel serosa. Kelenjar submandibular adalah campuran dari jenis sel mukosa dan serosa, sedangkan kelenjar sublingual dan saliva minor kelenjar adalah jenis sel mukosa. Saliva parotis mensekresikan melalui duktus Stensen, lubang yang terlihat pada mukosa bukal disekitar molar pertama atau molar kedua rahang atas. Kelenjar saliva  submandibular mensekresikan melalui duktus Wharton, yang mengaliri saliva dari masing-masing kelenjar submandibular  dan keluar di caruncles sublingual di kedua sisi frenulum lingual. 

Saliva sublingual dapat masuk ke dasar dasar mulut secara langsung melalui saluran pendek dan independen yakni duktus Rivinus. Satu atau lebih dari duktuss ini dapat berkumpul untuk membentuk saluran utama dari kelenjar saliva sublingual yang dikenal sebagai Bartholin Duct. Kelenjar saliva minor mensekresikan  mucin  ke mukosa melalui duktus yang pendek.1




Gambar 2. Duktus Stensen 



Gambar 3. Duktus Wharthon

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »